SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BIOLOGI & BIOLOGI FMIPA UNY, 26 NOVEMBER 2016

             PENDAFTARAN PESERTA SEMINAR NASIONAL TELAH DITUTUP TANGGAL 14 NOVEMBER 2016                          

              Konversi habitat di daratan dan illegal, unreported and unregulated fishing di lautan merupakan faktor  utama yang menjadi hambatan dalam upaya penyelamatan keanekaragaman hayati Indonesia. Sementara itu, faktor alam yang paling mengancam adalah perubahan iklim di masa depan. Di samping itu keanekaragaman hayati juga dapat terancam oleh pencemaran lingkungan, pertambahan penduduk, dan perubahan perilakunya yang menyebabkan bertambahnya kebutuhan akan sumberdaya alam hayati, serta faktor alam seperti bencana alam (khususnya banjir dan gunung meletus).

              Penurunan kualitas habitat telah menyebabkan sejumlah besar hidupan liar terancam kelangsungan hidupnya, bahkan termasuk kelestarian jenis-jenis yang belum pernah teridentifikasi atau diketahui manfaatnya. Oleh karena itu, upaya untuk melindungi dan memperta-hankan keanekaragaman hayati sangat penting untuk dilakukan. Indonesia merupakan salah satu negara mega-biodiversitas dan sumber daya genetik alam merupakan sumber utama dalam proses domestikasi dan pemuliaan dari tumbuhan, hewan, dan mikroba budi daya.

                Bagaimana Perencanaan, penelitian dan penerapannya di lapangan serta bagaimana  tantangan, hambatan, dan keberhasilan dalam mengelola, mempertahankan, dan memperkaya keanekaragaman hayati Indonesia dan seperti apa hasil penelitian yang berkaitan dengan perkembangan teknologi  di abad 21dalam memanfaatkan kenaekaragaman hayati  akan dibahas dalam  “Seminar Nasonal  “ Biokonservasi: Penelitian, Penerapan Dan Pembelajarannya untuk Menjawab Tantangan dan Isu Global"