Latar Belakang

Latar Belakang

Penelitian di lingkungan perguruan tinggi mempunyai peran strategis dalam upaya pembangungan bangsa sehingga diharapkan memiliki manfaat yang luas kepada masyarakat. Dengan demikian keberadaan perguruan tinggi tidak hanya dipandang sebagai menara gading akan tetapi diharapkan menjadi menara air yang dapat memberikan pencerahan dan memberdayakan masyarakat. Namun demikian, hal tersebut belum disadari sepenuhnya oleh para peneliti dari perguruan tinggi.

Tiap tahun terdapat ratusan bahkan ribuan penelitian yang telah dilakukan. Namun demikian, tidak sedikit hasil penelitian tersebut masih berupa laporan hasil kegiatan yang tersimpan rapi di perpustakaan. Permasalahanmya, sejauh mana hasil penelitian tersebut berdampak kepada masyarakat luas ? LPPM sebagai ujung tombak program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi bertanggung jawab untuk melakukan berbagai upaya peningkatan kualitas dan kebermaknaan hasil penelitian dan PPM yang dihasilkan.

Brdasarkan pemikiran tersebut LPPM UNY akan menyelenggarakan diseminasi hasil penelitian dalam bentuk "Seminar Nasional Hasil Penelitian". Kegiatan ini merupakan ajang komunikasi antara peneliti dengan pengguna sehingga didapatkan penelitian yang berkualitas dan memiliki daya guna optimal bagi masyarakat luas.

 

Tujuan

  1. Menyebarluaskan hasil penelitian dan PPM.
  2. Menyebarluaskan hasil Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).
  3. Mengidentifikasi topik-topik penelitian dan PPM yang aktual.
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan PPM.
  5. Meningkatkan jejaring komunikasi para peneliti dan pengabdi dengan para stakeholders.

 

Sasaran

Sasaran kegiatan ini yaitu para peneliti, dosen, guru, mahasiswa, mitra kerja, dan masyarakat umum.