You are here

PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA FMIPA UNY 2015

Kode

Nama

Judul

 

 

Sampul Depan

 

 

Halaman depan

 

 

Daftar Isi

U-1

Dedi Rosadi

Computer Assisted Learning Menggunakan Software Open Source R: Past, Present and Future

U-2

Sugiman

Peran Guru Matematika dalam Mewujudkan Siswa yang Konstruktif melalui Pemecahan Masalah

PM-1

Nuryanti

Pembelajaran Kooperatif Mood-CURDER dengan Pendekatan Quantum Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

PM-2

Panji Setiarto, Haninda Bharata

Pembelajaran Matematika Menggunakan Scaffolding Berbasis Team Assisted Individualization ( TAI )

PM-3

Riawan Yudi Purwoko

Problematika Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Scientific Pada Kurikulum 2013 di SMP

PM-4

Yurniwati

Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis Siswa Kelas IV SDN se Jakarta Timur

PM-5

Anisya Septiana

Upaya Meningkatan  Prestasi Belajar dan AQ Siswa SMP 2 Depok Melalui Pendekatan CTL

PM-6

Anggun Badu Kusuma, Fitrianto Eko Subekti, Reni Untarti

Inovasi Model Pembelajaran Pada Mata Kuliah Dasar Proses Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa

PM-7

Aritsya Imswatama, Nur’aini Muhassanah

Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis Dan Lingkaran

PM-8

Ahmad Zulfakar Rahmadi, Novi Purnama Sari, Sari Juliana, Bobbi Rahman.

Studi Literatur: Pembelajaran Matematika Menggunakan GeoGebra dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

PM-9

Akhmad Hasan Sani

 Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik  Dan Kaitannya Dengan Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

PM-10

Akhmad Nayazik

Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Model Ideal Problem Solving Dengan Teori Pemrosesan Informasi Materi Dimensi Tiga

PM-11

Alfin Fajriatin

Analisis Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas IX Bab Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Konten Pada Kriteria Bell

PM-12

Anggi Oktaviarini K

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

PM-13

Anggraeny Endah Cahyanti

 

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking

PM-14

Anisa Fitri, Salistiyani

Pembelajaran Matematika Dengan Alat Peraga Rotasi Trigonometri Pada Materi Trigonometri

PM-15

Anniya Mutiara Tsani

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Representasi  Matematis Siswa

PM-16

Ardi Nurrahman

 Ada Apa Dengan Berpikir Aljabar Dalam Belajar

PM-17

Arief Ageng Sanjaya

Pembelajaran Berbasis Masalah. Apa, Karakteristik dan Implikasi?

PM-18

Aris Kartikasari, Djamilah Bondan Widjajanti

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Howard Gardner’s Multiple Intelligences Berorientasi pada Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP

PM-19

Ayu Aristika

Tinjauan Tentang Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis

PM-20

M Qoyum Zuhriawan

Analisis Indikasi Karakteristik Langkah Pembelajaran Saintifik 5m pada Buku Matematika Kurikulum 2013

PM-21

Margaretha Madha Melissa

Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika dengan Pendekatan Problem-Based Learning (PBL) di Kelas VII E SMP N 15 Yogyakarta

PM-22

Marhami

Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Problem Based Learning

PM-23

Mariyanti Elvi, Arini Viola Burhan, Suhermandan Mirna

Penerapan Model Pembelajaran AIR pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP

PM-24

Masrurotu Zahary

Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Self Regulated Learning

PM-25

Melda Ariyanti

Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA

PM-26

Mochamad Abdul Basir

Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Melalui Model Search, Solve, Create, and Share untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran

PM-27

Muflihatussyarifah, Wily Wandari

Pengaruh Pembelajaran AJEL melalui Setting Kooperatif Tipe TGT terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA .

PM- 28

Muhamad Galang Isnawan

Pengkategorian Kesadaran Metakognitif Mahasiswa pada Pembelajaran Aljabar Linier di AMIKOM Mataram

PM-29

Muhammad Afdhal

Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Antusiasme Belajar Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching

PM-30

Mutiara Cipta Sari, Muhammad Fajrul Aslim

Desain Didaktis Interaktif Berbasis Problem Solving Pada Pokok Bahasan Kesebangunan Dan Kekongruenan

PM-31

Muhammad Muzaini

Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Memperhitungkan Gaya Kognitif pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Terakreditasi B di Kota Makassar

PM-32

Muhammad N. Kholid ,Rita P. Khotimah, Valensia E. A.Nugraheni

Eksperimen Problem Based Learning (PBL) Berbasis Assessment For Learning (AFL) ditinjau dari Penalaran Matematis

PM-33

Mukti Sintawati

Keefektifan Problem-Based Learning Dan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika

PM-34

Nita Handayani

Penerapan Strategi Pembelajaran REACT Dengan Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi  Matematis

PM-35

Novem Khoirul Ambarwati, Hobri

Analisis Modul Matematika yang Dipakai oleh Lembaga Bimbingan Belajar BerdasarkanKriteria Bell

PM-36

Novi Andri Nurcahyono, Eka Novarina

Analisis Keterampilan Memberi Penguatan Dan Mengadakan Variasi Pelajaran Pada Program Latihan Profesi (PLP)

PM-37

Trisnawati

Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Matematika Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

PM-38

Yayan Eryk Setiawan, Sunardi

Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Dimensi Bangun Datar Dan Bangun Ruang

PM-39

Yoga Muhamad Muklis, M. Noor Kholid

Analisis Deskriptif Soal-Soal Dalam Buku Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 1 Ditinjau dari Domain Kognitif TIMSS 2011

PM-40

Muhammad Noor Kholid, Nining Setyaningsih, Anisa Puspitawati

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Assessment For Learning (AfL) dalam Pembelajaran Matematika ditinjau dari Komunikasi Matematik

PM-41

Chairun Nisa Zarkasyi

Pengembangan Media Pembelajaran dengan GeoGebra untuk Visualisasi Penggunaan Integral pada Siswa SMA

PM-42

Dewi Anggreini dan Wiwin Dewiyanti

Studi Penerapan Multiple Intelegences Pada Materi Pokok Garis dan Sudut

PM-43

Dian Romadhoni Asngari

Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Geometri

PM-44

Dwi Cahya Sari

Karakteristik Soal TIMSS

PM-45

Iden Rainal Ihsan

Pembelajaran Klasifikasi Geometris dari Transformasi Mӧbius Suatu Sarana Penyampaian Konsep Grup

PM-46

Intan Permata Sari, Tina Yunarti

Open-ended Problems untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

PM-47

Iyam Maryati

Penerapan Metode Pembelajaran Think Talk Write (TTW)  untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika (Penelitian Tindakan Kelas pada Mahasiswa Program Studi Matematika di STKIP Garut)

PM-48

Kana Hidayati

Pembuktian Validitas Isi Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Menggunakan Indeks Kesejajaran

PM-49

Khairuntika, Tina Yunarti

Implementasi Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

PM-50

Kusnul Chotimah Dwi Sanhadi

Pengaruh Kemampuan Penalaran dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII

PM-51

Lestiana, Basuki Rachmat, Ika Krisdiana

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Team Assisted Individualization (TAI)  terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Logika Matematika

PM-52

Lilis Sri Jayanti Manulang, Adleti Martha Romana, Ria Anggraini Nurhidayah, Bobbi Rahman

Penggunaan Lingkaran Pelangi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD pada Materi Perkalian Pecahan

PM-53

Lisda Fitriana Masitoh

Meningkatkan dan Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

PM-54

Liza Istianah, Tina Yunarti

Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

PM-55

Lukman Fakhmi, Mika Meitriana Manurung, Johannes Siregar

Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian Menggunakan Media Batang Napier Pada Siswa SD

PM-56

Tisa Oktiana

Pengembangan Alat Peraga Lingkaran dengan Metode Penemuan Terbimbing Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis

PM-57

Yuli Pinasthika, Irina Gustiani, Rahma Ramadayanti, Regina Aprilla, Bobbi Rahman

Alat Bantu Kreatif OMEGA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Materi Bangun Ruang dengan Metode Talking Stick

PM-58

Christina Novy Wijaya, Theresia Hermin Nugraheni

Pembelajaran Pengumpulan Data dan Pemecahan Masalah melalui Kegiatan Penyelidikan Waktu Solar Noon

PM-59

Dara Nurul Istiqomah

Learning Obstacles terkait Kemampuan Problem Solving pada Konsep Fungsi Matematika SMP

PM-60

Deshinta P.A.D. Argaswari, Budi Usodo

Analisis Kesulitan Belajar Geometri Kelas VII SMP Pokok Bahasan Sifat Sudut yang Terbentuk dari Dua Garis Sejajar yang Berpotongan dengan Garis Lain

PM-61

Desiana Margayanti

Superitem Berbasis Taksonomi Structure of the Observed Learning Outcome (SOLO) Instrumen Evaluasi Alternatif  untuk Mengukur Level Kemampuan Penalaran Metematis Siswa

PM-62

Desy Pratiwi Herdyen, Sri Hastuti Noer

Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika

PM-63

Dewi Mardhiyana

Peningkatan Sikap Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Guided Discovery

PM-64

Ratu Sarah Fauziah Iskandar, Dian Novitasari

Pengaruh Adversity Quotient terhadap Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Analisis Real

PM-65

Dian Sriwidiarti,   Agus Maman Abadi

Keefektifan Metode Penemuan Terbimbing dan Pemberian Tugas pada Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung

PM-66

Asep Ikin Sugandi

Penerapan Pendekatan Konstektual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah serta Disposisi Matematis Siswa SMA

PM-67

Dwi Wulandari, Novia Larosa, Dyah Indah Adrelia, Bobbi Rahman

Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Kudutif (Kubus Edukatif) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

PM-68

Dyah Purboningsih

Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa SMK Kelas X

PM-69

Edy Setiyo Utomo

Proses Visualisasi Siswa Bergaya Belajar Tactile dalam Menyelesaikan Soal pada Aspek Meng-generation

PM-70

Eka Novarina, Novi Andri Nurcahyono

Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Membimbing Diskusi Kelompok dan Mengelola Kelas Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi dalam Program Latihan Profesi (PLP)

PM-71

Weindy Pramita Ariandari

Mengintegrasikan Higher Order Thinking dalam Pembelajaran Creative Problem Solving

PM-72

Wisnu Dwi Prakoso, M. Yanudin Dwi Putra, Ayu Mentari, Bobbi Rahman

Peningkatan Kemampuan Spasial Matematis Melalui Pembelajaran Geometri Berbantuan Geogebra. Studi Kuasi Eksperimen di SMPN 2 Pagedangan, Kabupaten Tangerang

PM-73

Yurniwati, Anton Noornia

Penerapan Model Multisensori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

PM-74

Elfira Puspita Wardani1, Tina Yunarti2

Meningkatkan Self-Esteem dan Prestasi Belajar Matematika Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

PM-75

Eny Sulistyaningsih

Analisis Pemanfaatan Smartphone dalam Mendukung Proses Belajar Matematika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (S1) UNY

PM-76

Erina Siskawati

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Group Investigation berbasis Kontekstual Materi Statistika

PM-77

Fadhilah Rahmawati1, Sugiman2

Komparasi Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII antara Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Two Stay-Two Stray (TS-TS)

PM-78

Fimmatur Rizka Ardina

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa

PM-79

Fimmatur Rizka Ardina

Penerapan Model Student Team Achievement Division dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa

PM-80

Fitria Dwi Farina

Pembelajaran Geometri Van Hiele Berbantuan Cabri Geometry II untuk Meningkatkan Koneksi Matematis Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Bandung

PM-81

 

Ali Mahmudi

Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika

PM-82

Tirtaprimasyah HPS, Susanto, Nanik Yulianti

Analisis Proses Berpikir Siswa Pada Pembelajaran Geometri Kelas X SMA Berdasarkan Teori Van Hiele Berbasis Scientific Approach

PM-83

Atmini Dhoruri

Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar dalam Matakuliah FPK Melalui Model Kooperatif  Tipe STAD

PM-84

Mathilda Susanti

Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah

PM-85

Rosita Mahmudah, Alin Meilina, Kadir, dan Lia Kurniawati

Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Kota Tangerang Selatan

PM-86

Restu Fristadi, Haninda Bharata

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Problem Based Learning

PM-87

Rika Ridayanti

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

PM-88

Reni Untarti, Akhmad Jazuli

Pendekatan Pembelajaran Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis

PM-89

Tika Ratna Mayestika, Shofia Annisa Ratnasari

Membangun Sikap Konstruktif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

PM-90

Ginanjar Abdurrahman

Pengembangan Web-Based Learning dalam Pembelajaran Matematika

PM-91

 

Putri Selisawati Wahyu Ivana, Birgitta Galuh Widya Astuti

Representasi Grafik Dalam Pemecahan Masalah Nyata Terkait Konsep Perbandingan

PM-92

Nurul Saila

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Guided Discovery Meningkatkan Keaktifan Siswa Belajar Matematika

PM-93

Nurul Husnah Mustika Sari

Keunggulan Problem-based Learning Berbasis Open-ended Problem Ditinjau dari Prestasi Matematika dan Kepercayaan Diri

PM-94

Adila Irawan

Desain Didaktis Bahan Ajar Problem Solving pada Konsep Persamaan Linear Satu Variabel

PM-95

Aji Raditya

Pembelajaran Berbantuan Software Mathematica untuk Meningkatkan Penalaran Induktif Siswa SMA

PM-96

Yuanita Dwi Parasta

Pendekatan Pembelajaran Inquiry yang Bercirikan Games

PM-97

Riki Andriatna

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA melalui Menulis Matematika dalam Pembelajaran Berbasis Masalah

PM-98

Rini Asnawati, Eko Suyanto

Efektivitas Model Pembelajaran Geometri Berbasis High Order Thinking Skill

PM-99

Ririn Aprianita

Menerapkan Pendekatan Saintifik yang Berorientasi pada Kemampuan Metakognisi dan Keterampilan Sosial Merancang Pembelajaran Matematika untuk Siswa Cerdas Istimewa

PM-100

Rizky Ardiani Nuranisa, Mulin Nu’man, Nurul Arfinanti

Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Group Investigation dalam Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematika

PM-101

Rofiq Robithulloh Murod

Pendekatan Pembelajaran Metacognitive Scaffolding dengan Memanfaatkan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SMA

PM-102

Rosalia Hera Novita Sari

Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?

PM-103

Saifan Sidiq Abdullah

Mahasiswa (Calon) Guru Matematika yang Profesional

PM-104

Samsul Feri Apriyadi

Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA

PM-105

Sarah Wahyu Susanti

 

Eksperimentasi Model Pembelajaran RME, NHT, dan MPL Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 3 Balikpapan

PM-106

Selviana Junita, Yumi Sarasanti

Pengaruh Penerapan Strategi Trading Places Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA

PM-107

Setiana

Peer Tutoring Dan Program Catch Kaitannya Dengan Self Efficacy

PM-108

Sri Hastuti Noer

Media Pembelajaran Berbasis Open-Ended, Peningkatan Kemampuan High Order Thingking Dan Self Regulated Learning

PM-109

Sri Rejeki

Menggunakan Kubus Satuan Untuk Mengembangkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Pengukuran Volume

PM-110

Sri Subarinah, I Ketut Budayasa, Agung Lukito

Profil Proses Kognitif Siswa SMP Laki-laki Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Investigasi Matematik

PM-111

Swasti Maharani

Eksperimentasi Pembelajaran GI dan GI-PP Ditinjau dari Sikap Mahasiswa Terhadap Matematika

PM-112

Zaenal Arifin, Heri Retnawati

Analisis Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills (Hots) Matematika Siswa SMA

PM-113

Maylita Hasyim, Antonius Ari Sukma Hardiana

Kualifikasi Dan Mapping Kualitas Sekolah Menengah Swasta  Di Tulungagung Berdasarkan Faktordominan Yang Berpengaruh  Dengan Metode Bagging Mars Dan Biplot

PM-114

Kristayulita

Penalaran Analogi Siswa Berdasarkan Tahapan Clement

PM-115

Hanna Filen Sopia

Keefektifan Pendekatan Matematika Realistik ditinjau dari Prestasi, Pemecahan Masalah, dan Kepercayaan Diri Siswa

PM-116

Endang Listyani, Himmawati Puji Lestari

Efektivitas Pembelajaran Dengan Tugas Berbeda Dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII Pada Materi Kubus Dan Balok

PM-117

Novi Purnama Sari, Sari Juliana,Ahmad Zulfakar Rahmadi, Bobbi Rahman

Pengaruh Permainan Harta Karun terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar

PM-118

Tomi Listiawan, Wiku Widyo Baskoro

Analisis Technological Content Knowledge (TCK) Calon Guru Matematika Dalam Menggunakan Perangkat Lunak Geometri Dinamis

PM-119

Yan Partawijaya, Satria, Nerru Pranuta Murnaka

Alat Peraga PEMBURU BATA  untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Bangun Datar

PM-120

Andreas Erwin Prasetya

Pengembangan Alat Peraga Berbasis Metode Montessori untuk Kompetensi Penjumlahan dan Pengurangan

PM-121

R. Ach. Djauhari

Analisis Buku Siswa Matematika SMP Ruang Lingkup Statistika dengan Kesesuaian Unsur – Unsur Karakteristik Berpikir Kreatif

PM-122

Rahma Ramadhani, Abdur Rahman As’ari, Swasono Rahardjo

Kompetensi Pemodelan Matematika Masalah Persamaan Linier Siswa MAN Tlogo dan Scaffoldingnya

PM-123

Joni Iskandar dan Reni Riyanti

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia

PM-124

Adventa Rafelina, Riandika Ratnasari

Penggunaan Garis Bilangan Aljabar untuk Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Memahami Variabel

PM-125

Markus Palobo

Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving

PM-126

Endah Octaningrum Wahani Sejati

MengembangkanKepercayaan Diri Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam Pendekatan Penemuan Terbimbing

PM-127

Eka Yulia Asri, Sri Hastuti Noer

Guided Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika

PM-128

Fitria Habsah

Memfasilitasi Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Matematika Realistik

PM-129

Luthfiana Tarida, Budi Usodo

Problematika Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Alternatif Penyelesaian pada Pembelajaran Matematika

PM-130

Rindy Anthika Putri

Problematika dalam Pembuktian Pernyataan Menggunakan Prinsip Induksi Matematika serta Alternatif Penyelesaiannya

PM-131

Rizky Amallia dan Isty Yulianti

Penerapan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Visual Matematis Siswa SMP

PM-132

Rosita Mahmudah, Alin Meilina, Kadir, dan Lia Kurniawati

Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Kota Tangerang Selatan

PM-133

Subanindro

Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita dan Aktivitas Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

PM-134

Rachma Windasari

Pengembangan Algoritma Aplikasi Android menggunakan Eclipse untuk Pembuatan Soal Model TIMSS Matematika

PM-135

Trisnawati

Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Matematika melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

PM-136

Hadi Sutrisno

Analisis Kualitas Tes Ujian Sekolah Matematika SMP di Kabupaten Bangkalan

PM-137

Uji Rosanti

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Melalui Pendekatan Saintifik

PM-138

Ira Silviana Rahman, Qurniawan Agung Putra,

Qopa Almaisurie, Nerru Pranuta Murnaka

Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan Problem Solving Skill Siswa SD

PM-139

Komarudin A

Analisis Tipe Berfikir Dengan Soal Higher Order Thinking Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa

PM-140

Fais Satur Rohmah

Pembelajaran Berbasis Masalah Kaitannya dengan Kemampuan Berpikir Kritis

PM-141

Fara Virgianita Pangadongan

Konsepsi Siswa SMP Pada Materi Segiempat Ditinjau dari Gaya Belajar

PM-142

Rino Richardo, Risdawati

Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Divergen Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

PM-143

Syafni Gustina Sari, Ira Rahmayuni Jusar

Implikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Kecakapan Belajar Abad 21 Pada Mata Pelajaran Matematika

PM-144

Anton Jaelani

Proses Belajar Siswa dalam Problem-Based LearningBerbantuan Google SketchUp

PM-145

Aris Kartikasari, Djamilah Bondan Widjajanti

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Howard Gardner’sMultiple Intelligences Berorientasi pada Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP

PM-146

Mohamad Irfan Fauzy

Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah dengan Pemberian Scaffolding

PM-147

Iin Ariyanti, Delsika Pramata Sari

Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw pada Mata Pelajaran Matematika Di SMPN 6 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2012-2013

PM-148

Inge Wiliandani Setya Putri, Dafik, Hobri

Instrumen Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis  (Analisis Pendahuluan)

PM-149

Kristina Manik

Pengaruh Pembelajaran Metakognitif Berbasis Soft Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

PM-150

Luh Putu Ida Harini, Tjokorda Bagus Oka

Peningkatan Self-Efficacy Mahasiswa dalam Pembelajaran Analisis Real Bermuatan Peta Pikiran

PM-151

Lukman Jakfar Shodiq

Analisis Soal Buku Siswa Matematika Kelas 7 Kurikulum 2013 Menggunakan TIMSS 2015 Mathematics Frameworks Pokok Bahasan Bilangan dan Perbandingan

PM-152

Lukmanul Akhsani, Reni Untarti

Pengaruh Pendekatan Open-ended terhadap Kemampuan Evaluasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik

PM-153

Luthfiana Tarida, Ibrahim, Yenni Anggreini

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia

PM-154

Titis Rini Chandrasari

Analisis Pendekatan Contructive Controversy dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika

PM-155

Tri novita irawati

Mengembangkan Kemampuan Guru Matematika Dalam Membuat Soal Penalaran Proporsional Siswa SMP

PM-156

Yulia Rahmawati Z, Haninda Rachmawati

Model Pembelajaan Advance Organizer dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis

PM-157

Dwi Desmayanasari, Azizah mujahidah Annisa

Efektivitas  Pendekatan Matematika Realistik Ditinjau Dari Sikap Dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

PM-158

Dwi Ivayana Sari

Profil Berpikir Probabilistik Siswa Sekolah Dasar (SD) Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Tugas Probabilitas

PM-159

Edy Bambang Irawan

Pembuatan Contoh Pivotal-Bridging  Dalam Interaksi Pembelajaran Matematika

PM-160

Fadhilah Al Humaira

Peran Keterampilan Kognitif dan Sosial Siswa dalam Penerapan Pendekatan Collaborative Problem Solving pada Pembelajaran Matematika

PM-161

Fitrianto Eko Subekti, Anggun Badu Kusuma

Efektifitas Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Pada Geometri Transformasi

PM-162

Ryan Nur Rahmawati

Penggunaan CD Interaktif Dan Digital Storytelling Berbasis Kontekstual Sebagai Media Pembelajaran Matematika

PM-163

Suryo Purnomo, Dafik

Analisis Respon Siswa Terhadap Soal PISA Konten Shape and Space Dengan Rasch Model

PM-164

Heni Purwati, Aryo Andri Nugroho, Ervina Eka Subekti

Keefektifan Pembelajaran Matematika Berbasis CAI Untuk Membentuk Kreativitas Mahasiswa

PM-165

Fitraning Tyas Puji Pangesti

Efek Cognitive Load Theory dalam Mendesain Bahan Ajar Geometri

PM-166

Haryanto, Toto Nusantara, Subanji

Etnomatematika pada Noken Masyarakat Papua

PM-167

Lelia Anggia

Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Teori Bruner pada Pembelajaran Matematika Siswa Autis di Sekolah Unggul Sakti

PM-168

Rachma Hanan Tiasto, Elly Arliani

Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan Metode Two Stay Two Stray Efektivitasnya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP N 1 Tawangmangu

PM-169

Farida Nurhasanah, Ahmad Saddam Siregar

Koordinat Paralel: Konsep Non-Konvensional  untuk Mengembangkan Abstraksi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika

PM-170

Satrianawati

Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Bagian Dari Pembentukan Karakter

A-1

AgustinRahayuningsih, M.ZakiRiyanto

Protokol Perjanjian Kunci Berdasarkan Masalah Konjugasi Pada Matriks Atas Lapangan Hingga

A-2

Aloysius Joakim Fernandez

Pengaruh Waktu Tunda yang Kecil terhadap Stabilitas Eksponensial Seragam Suatu Sistem Persamaan Diferensial

A-3

ArtaEkayantidan Ch. RiniIndrati

Integral pada yang Dibangun oleh Ukuran Bernilai Proyeksi

A-4

Gunawan

Karakteristik Operator Positif Pada Ruang Hilber

A-5

Laila Wahyu Trimartanti, Agus Maman Abadi

Sistem APILL Menggunakan Fuzzy Logic

A-6

Nurul Huda

Eksistensi Dan Ketunggalan Titik Tetap Untuk Pemetaan Kontraktif Pada Ruang Metrik-GKomplit

A-7

Zulfia Memi Mayasari

Pasangan Baku Dalam Polinomial Moni

A-8

Muhammad NajibMubarrok, Agus Maman Abadi

Aplikasifuzzydecision Making Dengan Menggunakan Metode Mamdani Penggandaan Dalam Pemilihan Smartphone

A-9

Triyanti, Agus Maman Abadi

Aplikasi Logika Fuzzy pada Pengambilan Keputusan Seleksi Beasiswa Bidikmisi dengan Metode TOPSIS

A-10

Rani Mita Sari, Agus Maman Abadi.

Aplikasi Fuzzy Inference System Dalam Penilaian Prestasi Mahasiswa

A-11

Suroto, Ari Wardayani

Semi Modul Interval [0,1] Atas Semi Ring Matriks Fuzzy Persegi

S-1

Rini Eka Febriani, Jaka Nugraha

Analisis Regresi Poisson untuk Mengetahui Variabel BerpengaruhPada Kasus Gizi Buruk di Kabupaten Bangka

S-2

NeswinIndaraWidiarsi, Retno Subekti

Analisis Komparasi Holt Winter Dan Sarima Pada Peramalan Statistik Wisatawan Asing Kraton Yogyakarta

S-3

Iman Setiawan, Krismanti Tri Wahyuni

Pendekatan Random Effect Regresi Data Panel Kajian Konsumsi Rokok Di Indonesia  Tahun 2007 – 2012

S-4

Ni Luh Putu Suciptawati, Komang  Dharmawan,

I Nyoman Sudiarta

Pemodelan Kunjungan Wisatawan Mancanegara  Ke Provinsi Bali

S-5

Resa Septiani Pontoh, Defi Yusti Faidah

Penerapan Hurdle Negative Binomial pada Data Tersensor

S-6

Alfensi Faruk

Analisis Data Tersensor Interval Dalam Pemodelan Waktu Mendapatkan Pekerjaan Pertama Alumni Universitas Sriwijaya

S-7

Defi Yusti Faidah, Resa Septiani Pontoh

Pendekatan Hurdle Poisson Pada Excess Zero Data

S-8

Dian Agustina

Regresi Komponen Utama, Regresi Ridge, dan Regresi Akar Laten dalam Mengatasi Masalah Multikolinieritas

S-9

Hanif Rahmat, Kariyam

Epistemologi Uji Hipotesis Statistik Dalam  Islam

S-10

Suyono, Ibnu Hadi

Analisis Waktu Tunggu pada Proses Renewal

S-11

Vemmie Nastiti Lestari, Subanar

Transformasi Wavelet Diskret Untuk Data Time Series

T-1

Abduh Riski

Pensejajaran Rantai DNA menggunakan Algoritma Dijkstra

T-2

Iin Rani Susanti, Bambang Sumarno HM

Augmented Reality: Visualisasi Batik 3D Ragam Hias Geometris

T-3

Akik Hidayat

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pengendalian Kualitas Produk Kerajinan Bordir menggunakan Peta Kendali Variabel Fuzzy Linguistik

T-4

Aris Tjahyanto

Klasifikasi Objek Bawah Laut Dengan Memanfaatkan Support Vektor Machines

T-5

Caesario Oktanto Kisty, Taufik Shokhiful Azhar

Manajemen Kunci Pada Mekanisme Akses Kontrol Sistem Ujian Online Program Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Untrusted Public Cloud

T-6

Daryono Budi Utomo, Mohammad Isa Irawan, Muhammad Luthfi Shahab

Algoritma Genetika Ganda (AGG) untuk Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP)

 

T-7

Marsudi, Noor Hidayat, Ratno Bagus Edy Wibowo

Evaluasi dampak program edukasi, skrining dan terapi HIV pada model penyebaran infeksi HIV

T-8

Eldaberti Greselda, Leopoldus Ricky Sasongko, Tundjung Mahatma

Model Biaya Garansi Satu Dimensi Polis FRW (Non-Renewing Free Replacement Warranty) Studi Data Sekunder tentang Penggantian Klep Mesin

T-9

Elisabeth D. Saputri, Didit B. Nugroho, dan Adi Setiawan

Model Volatilitas ARCH(1) dengan Returns Error Berdistribusi non-central Student-t Studi Kasus: Kurs Beli JPY dan EUR terhadap IDR

T-10

Neni Miswaningsih, Nur Insani

Analisis Perilaku Pengguna E-Learning BESMART Melalui Teknik Clustering dengan Algoritma K-Means 

T-11

Dyah Pradipta, Kuswari Hernawati

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Materi Garis dan Sudut  dengan Pendekatan Inquiry Berbantuan Software Wingeom

T-12

Eminugroho Ratna Sari, Nikenasih Binatari

Analisa Kestabilan Bebas Penyakit pada Penyebaran Demam Berdarah Menggunakan Model Host – Vector  Kasus: Dua Serotype

T-13

Iesyah Rodliyah

Aplikasi Interpolasi Lagrange dan Ekstrapolasi dalam Peramalan Jumlah Penduduk

T-14

Nur Insani, Nur Hadi Waryanto

Pemetaan dan Analisis Pola Interaksi Suatu Komunitas Menggunakan Analisis Jejaring Sosial

T-15

Irham Taufiq, Imam Solekhudin, Sumardi

Model Mangsa-Pemangsa dengan Dua Pemangsa dan Satu Mangsa di Lingkungan Beracun

T-16

Kuswari Hernawati

Integrasi Teknologi Web 2.0 dalam Pembelajaran Matematika

T-17

Nikenasih Binatari

Solusi Numerik Persamaan Gelombang Air Dangkal Linear Menggunakan FEM

T-18

Wahyu Kartika Cahyaningsih, Eminugroho Ratna Sari, Kuswari Hernawati

Penyelesaian Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) menggunakan Algoritma Sweep Untuk Optimasi Rute Distribusi Surat Kabar Kedaulatan Rakyat

T-19

Melisa

Analisis Kestabilan pada Model Penularan Tuberkulosis dengan Kasus Resistensi Obat

T-20

Sucia Mentari, Retno Subekti, Nikenasih Binatari.

Pemodelan Sistem Antrian Satu Server Dengan Vacation Queueing Model Pada Pola Kedatangan Berkelompok

T-21

Khusnawati Ulinni’mah, Agus Maman Abadi

Klasifikasi Kecamatan-Kecamatan Di Kota Yogyakarta Berdasarkan Pola dan Struktur Pertumbuhan Ekonomi Menggunakan Logika Fuzzy

T-22

Kosala Dwidja Purnomo, Reska Dian Alyagustin, Kusbudiono

Variasi Fraktal Fibonacci Word

T-23

Maria Anistya Sasongko, Lilik Linawati, Hanna A. Parhusip

Penerapan Algoritma Fuzzy C-Means Guna Penentuan Penjurusan Program Peserta Didik Tingkat SMA

T-24

Moh Affaf

Perhitungan Nilai Pendektan Trigonometri dan Trigonometri Invers Secara Manual

T-25

Mukti Nur Handayani

Model Kerusakan Inventori dan Backlog Parsial

T-26

Rinci Kembang Hapsari

Peningkatan Kemampuan Operasi Dasar Perkalian Dengan Penerapan Perangkat Lunak Permainan “Rumah Perkalian”

T-27

Riris Eka Lestari, Agus Maman Abadi

Aplikasi Fuzzy Logic Pada Pengaturan Air Cooler Untuk Ruangan

T-28

Sri Subanti

Faktor - Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kesediaan Membayar Pengujung Terkait dengan Pengembangan Obyek Wisata Kabupaten Semarang

T-29

Weni Safitri,  Agus Maman Abadi

Aplikasi Fuzzy Logic Dalam Pemilihan Makanan Mie Instan

T-30

Yohanis Ndapa Deda, Kuntjoro Adji Sidarto

Model Portfolio Markowitz dengan Kendala Cardinality dan Kendala Round Lot Menggunakan Algoritma Diferensial Evolusi

T-31

Budhi Handoko, Bernik Maskun, Yeny Krista Franty

Optimasi Fungsi Multiobjektif  Dalam Pemeliharaan Preventif Mesin Menggunakan Algoritma Metaheuristic

T-32

Nur Salam

Estimator  Imputasi  Regresi Untuk Mengestimasi Model Regresi Semiparametrik Dengan Respon Hilang

T-33

Nurul Hidayat, I Kadek Dwi Sucipta

Sistem Monitoring Pengguna Laboratorium Komputer Berbasis Sidik Jari

T-34

Soetrisno,  B. Aminatus,  A. Khusnaeni

Parameter Yang Mempengaruhi Distribusi Aliran Debris

T-35

Sri Andayani

Eksploitasi Variabel Linguistik Fuzzy dalam Asesmen Pembelajaran

T-36

Aisah Badaini, Agus Maman Abadi

Penilaian Mutu Susu dengan Logika Fuzzy

T-37

Ikhsanul Halikin

Konstruksi Graf Berarah Menggunakan Struktur Repeat

T-38

Fransisca Cynthia Salim, Didit Budi Nugroho,  Bambang Susanto

Estimasi MCMC untuk Model GARCH(1,1) Studi Kasus: Kurs beli JPY dan EUR terhadap IDR

T-39

Fuji Lestari, Sugiyanto

Pemodelan Matematika Penyebaran Penyakit Leptospirosis Antara Vektor Penyebar Dengan Populasi Manusia

T-40

Gumgum Darmawan, Triyani Hendrawati, Restu Arisanti

Model Auto Singular Spectrum  Untuk Meramalkan Kejadian Banjir Di Bandung Dan Sekitarnya

T-41

Hendra Kartika

Konstruksi Super Matriks Simetris Persegi Latin

T-42

Kris Suryowati

Penempatan Nilai Eigen Finite dengan State Feedback pada Sistem Singular LTI

T-43

Saman Abdurrahman

Produk Kartesius dari Ideal Fuzzy Near-ring

T-44

Nugroho Nurcahyono, Ridi Ferdiana

Rancang Bangun Computer Assisted Instruction (CAI) Sebagai Media Pembelajaran Matematika