Error message

  • User warning: The following module is missing from the file system: link. For information about how to fix this, see the documentation page. in _drupal_trigger_error_with_delayed_logging() (line 1181 of /data/seminar/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Deprecated function: Unparenthesized `a ? b : c ? d : e` is deprecated. Use either `(a ? b : c) ? d : e` or `a ? b : (c ? d : e)` in include_once() (line 1439 of /data/seminar/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Warning: Illegal string offset 'subject' in jquery_countdown_timer_block_view() (line 78 of /data/seminar/public_html/sites/all/modules/jquery_countdown_timer/jquery_countdown_timer.module).
  • Warning: Illegal string offset 'content' in jquery_countdown_timer_block_view() (line 79 of /data/seminar/public_html/sites/all/modules/jquery_countdown_timer/jquery_countdown_timer.module).

model pembelajaran

VALIDITAS MODEL PEMBELAJARAN INTEGRASI KEARIFAN LOKAL (IKL) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PENYELESAIAN MASALAH DAN KOMUNIKASI ILMIAH

Keterampilan penyelesaian masalah dan komunikasi ilmiah merupakan keterampilan abad 21 yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran IPA, salah satunya adalah biologi. Tujuan pembelajaran biologi tidak hanya untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep makhluk hidup, namun juga perlu diupayakan adanya keseimbangan antara pengetahuan sains dengan nilai kearifan lokal. Salah satu cara melatihkan keterampilan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang terintegrasi dengan kearifan lokal. Model pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini perlu divalidasi oleh pakar.

Validitas Model Pembelajaran Integrasi Kearifan Lokal (IKL) Untuk Mengembangkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Dan Komunikasi Ilmiah

Keterampilan penyelesaian masalah dan komunikasi ilmiah merupakan keterampilan abad 21 yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran IPA, salah satunya adalah biologi. Tujuan pembelajaran biologi tidak hanya untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep makhluk hidup, namun juga perlu diupayakan adanya keseimbangan antara pengetahuan sains dengan nilai kearifan lokal. Salah satu cara melatihkan keterampilan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang terintegrasi dengan kearifan lokal. Model pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini perlu divalidasi oleh pakar.