PENGUMUMAN

Berikut kami sampaikan daftar abstrak yang diterima pada Semnas Kimia 2017. Daftar abstrak yang diterima dapat diunduh DISINI. Bagi Bapak/Ibu/Saudara yang dinyatakan lolos seleksi abstrak, mohon segera mempersiapkan full paper. Pengiriman full paper paling lambat tanggal 25 September 2017 pukul 23.59 WIB. Terima kasih

 

 

SEMINAR NASIONAL KIMIA UNY 2017
Dalam Rangka Dies Natalis ke-61 Jurusan Pendidikan Kimia
Universitas Negeri Yogyakarta

SINERGI PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN LITERASI KIMIA PADA ERA GLOBAL

Yogyakarta, 14 Oktober 2017

Sekretariat Panitia
Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY
Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 586168 psw 1398
 

 
PENDAHULUAN

Universitas Negeri Yogyakarta memiliki visi untuk menjadi universitas kependidikan kelas dunia berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan, yang ingin dicapai pada tahun 2025. Sebagai upaya mewujudkan hal tersebut perlu digiatkan adanya kegiatan penelitian dalam bidang kependidikan yang didukung bidang nonkependidikan untuk menghasilkan manusia unggul yang mengutamakan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikian. yang menegaskan adanya sinergi antara pendidikan dan penelitian yang menjadi aktivitas utama dalam membentuk insan yang berkarakter mandiri dan berprestasi.

Sebagai bentuk dukungan terhadap visi maka dicanangkan misi universitas yang salah satunya adalah menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk menemukan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan/atau olahraga, yang menyejahterakan individu dan masyarakat, dan mendukung pembangunan daerah dan nasional, serta berkontribusi pada pemecahan masalah global.

Jurusan pendidikan kimia sebagai bagian dari Universitas Negeri Yogyakarta berperan aktif mendukung terwujudnya misi tersebut dengan menyelenggarakn seminar nasional kimia secara rutin setiap tahun sebagai rangkaian kegiatan Dise Natalis Jurusan. Seminar ini menjadi ajang silaturahmi, diskusi dan diseminasi hasil penelitian bagi segenap praktisi dan pemerhati kimia dan pendidikan kimia di Indonesia. Salah satu isu sentral dalam pembelajaran kimia sesuai dengan perkembangan abad 21 adalah upaya meningkatkan literasi kimia siswa. Literasi sebagai konsep kompetensi yang mencakup aspek konten, konteks, proses dan sikap terhadap kimia terkait dengan aplikasinya dalam kehidupan perlu dikembangkan sejak dini. Pengembangan literasi kimia di sekolah didukung oleh hasil-hasil penelitian bidang kimia maupun pendidikan kimia yang berkontribusi pada pemecahan masalah startegis nasional.