IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 WATES TAHUN AJARAN 2017/ 2018
Penulis:
Nurul Yunita, S.Pd.
Drs. Suratsih, M.Si.
R. Eka Wahyu Setiawan, S.Pd.
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar Biologi melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournament) kelas X di SMA Negeri 1 Wates. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Wates yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah partisipasi belajar pada mata pelajaran Biologi melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournament). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournament) dalam pembelajaran Biologi dapat meningkatkan partisipasi belajar. Untuk aspek partisipasi belajar pada siklus I, partisipasi bertanya memiliki prersentase sebesar 52,88%, menjawab pertanyaan 48,08%, memperhatikan pengarahan 53,85%, ikut serta dalam turnamen 52,88%, antusias memperhatikan 54,81%, menyelesaikan tes secara individu 52,88%, mengerjakan turnamen secara tuntas 52,88%, dan menyimpulkan materi belajar sebesar 54,81%. Pada tahap tindakan siklus II, persentase tiap aspek mengalami kenaikan dari hasil perolehan skor siklus I, partisipasi bertanya memiliki prersentase sebesar 73,08%, menjawab pertanyaan 76,92%, memperhatikan pengarahan 80,77%, ikut serta dalam turnamen 77,88%, antusias memperhatikan 75,96%, menyelesaikan tes secara individu 75,96%, mengerjakan turnamen secara tuntas 76,92%, dan menyimpulkan materi belajar sebesar 75%.
Kata Kunci:
File Makalah: