ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI UM PADA MATAKULIAH STRUKTUR PERKEMBANGAN TUMBUHAN
Penulis:
Murni Sapta Sari
Sunarmi
Eko Sri Sulasmi
Abstrak:
Tujuan penelitian adalah untuk analisis pendahuluan tentang kemampuan literasi sains mahasiswa Jurusan Biologi UM pada matakuliah struktur perkembangan tumbuhan meliputi motivasi, faktor pendukung dan penghambat minat dan kemampuan baca. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan permasalahan yang diteliti. Penelitian dilakukan di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang dengan subyek penelitian mahasiswa angkatan 2015/2016 dengan jumlah mahasiswa 120 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil angket komponen motivasi menunjukkan hasil rendah yaitu 33,3%, sedangkan faktor pendukung mencapai presentase tinggi 75% sedangkan faktor pemghambat 83.3 %. Selain itu hasil observasi menunjukkan kurangnya minat membaca pada mahasiswa dapat diketahui dari partisipasi mahasiswa di kelas saat mengikuti kuliah. Pada umumnya mahasiswa sulit dan takut salah untuk bertanya tentang materi yang diberikan dosen. Pada kegiatan diskusi mahasiswa cenderung diam dan menerima semua informasi yang diberikan, jarang memberikan kritik, argumentasi serta ide sehingga kurang dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Saran perlu dilakukan perbaikan kegiatan pembelajaran, salah satunya adalah melalaui asesmen alternatif.
Kata Kunci:
File Makalah: