IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 GODEAN KELAS X MIPA 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Penulis:
Rizkyana Cindylita Aprisiwi, S.Pd.,
Dra. Budiwati, M.Si.
Sarjilah, S.Pd
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif menggunakan model Guaded Inquiry. Pengembangan keterampilan berpikir kreatif dilihat berdasarkan pendekatan proses dan pendekatan produk. Pendekatan proses dilihat dari langkah-langkah proses kreatif, sedangkan pendekatan produk hasil dari ide yang dapat teramati dengan mata.Indikator keterampilan berpikir kreatif meliputi kelancaran, kelenturan, keaslian, keuletan dan kesabaran, serta elaborasi. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah klasifikasi makhluk hidup.Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Subjek penelitiannya adalah peserta didik SMA N 1 Godean kelas X MIPA 1 tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan penilaian antarteman.Hasil tindakan pada siklus 1 dan 2 menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Model pembelajaran Guaded Inquiry digunakan karena model pembelajaran ini memiliki langkah pembelajaran merumuskan masalah, menyususn hipotesis, merancang eksperimen, melakukan eksperimen, mengumpulkan dan menganalisis data, serta membuat kesimpulan. Langkah-langkah pembelajaran dalam model pembelajaran Guaded Inquiry dapat mengembangkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui pendekatan proses dan pendekatan produk.
File Makalah: