Error message

  • User warning: The following module is missing from the file system: link. For information about how to fix this, see the documentation page. in _drupal_trigger_error_with_delayed_logging() (line 1181 of /data/seminar/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Deprecated function: Unparenthesized `a ? b : c ? d : e` is deprecated. Use either `(a ? b : c) ? d : e` or `a ? b : (c ? d : e)` in include_once() (line 1439 of /data/seminar/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Warning: Illegal string offset 'subject' in jquery_countdown_timer_block_view() (line 78 of /data/seminar/public_html/sites/all/modules/jquery_countdown_timer/jquery_countdown_timer.module).
  • Warning: Illegal string offset 'content' in jquery_countdown_timer_block_view() (line 79 of /data/seminar/public_html/sites/all/modules/jquery_countdown_timer/jquery_countdown_timer.module).

Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan Peserta Didik di Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Sleman Tahun Pelajaran 2017/2018

Penulis: 
Melati Puspita Sari, S. Pd.
a),Yuni Wibowo, M. Pd.
Dra. Nunung Sri Rusyani
Abstrak: 
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan komunikasi lisan peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Sleman melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Sintaks pada model Discovery Learning meliputi langkah-langkah: orientation, hypothesis generation, hypothesis testing, conclution, dan regulation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 sebanyak 25 orang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan materi ajar jaringan pada hewan. Setiap siklus meliputi tahap-tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrumen pengambilan data berupa: lembar observasi, dokumentasi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Validasi data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor setiap aspek keterampilan komunikasi lisan dari pra siklus sampai siklus II.Rata-rata kelas pada siklus II dalam keterampilan komunikasi lisan sebesar 68,33% pada siklus I dan 82,17% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan komunikasi lisan peserta didik.
File Makalah: 

It appears your Web browser is not configured to display PDF files. Download adobe Acrobat or click here to download the PDF file.