Error message

  • User warning: The following module is missing from the file system: link. For information about how to fix this, see the documentation page. in _drupal_trigger_error_with_delayed_logging() (line 1181 of /data/seminar/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Deprecated function: Unparenthesized `a ? b : c ? d : e` is deprecated. Use either `(a ? b : c) ? d : e` or `a ? b : (c ? d : e)` in include_once() (line 1439 of /data/seminar/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Warning: Illegal string offset 'subject' in jquery_countdown_timer_block_view() (line 78 of /data/seminar/public_html/sites/all/modules/jquery_countdown_timer/jquery_countdown_timer.module).
  • Warning: Illegal string offset 'content' in jquery_countdown_timer_block_view() (line 79 of /data/seminar/public_html/sites/all/modules/jquery_countdown_timer/jquery_countdown_timer.module).

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 WATES TAHUN AJARAN 2017/ 2018

Penulis: 
Nurul Yunita, S.Pd.
Drs. Suratsih, M.Si.
R. Eka Wahyu Setiawan, S.Pd.
Abstrak: 
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar Biologi melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournament) kelas X di SMA Negeri 1 Wates. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Wates yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah partisipasi belajar pada mata pelajaran Biologi melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournament). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournament) dalam pembelajaran Biologi dapat meningkatkan partisipasi belajar. Untuk aspek partisipasi belajar pada siklus I, partisipasi bertanya memiliki prersentase sebesar 52,88%, menjawab pertanyaan 48,08%, memperhatikan pengarahan 53,85%, ikut serta dalam turnamen 52,88%, antusias memperhatikan 54,81%, menyelesaikan tes secara individu 52,88%, mengerjakan turnamen secara tuntas 52,88%, dan menyimpulkan materi belajar sebesar 54,81%. Pada tahap tindakan siklus II, persentase tiap aspek mengalami kenaikan dari hasil perolehan skor siklus I, partisipasi bertanya memiliki prersentase sebesar 73,08%, menjawab pertanyaan 76,92%, memperhatikan pengarahan 80,77%, ikut serta dalam turnamen 77,88%, antusias memperhatikan 75,96%, menyelesaikan tes secara individu 75,96%, mengerjakan turnamen secara tuntas 76,92%, dan menyimpulkan materi belajar sebesar 75%.
File Makalah: 

It appears your Web browser is not configured to display PDF files. Download adobe Acrobat or click here to download the PDF file.