Analisis Koherensi Teks dan Gambar Buku Biologi Kelas XII: Studi Kasus Topik Pertumbuhan dan Perkembangan
Penulis:
Yuni Prastiwi Mutiarani
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan keterkaitan atau koherensi antara unsur teks dan gambar yang terdapat pada buku pelajaran biologi untuk SMA kelas XII, khususnya pada topic pertumbuhan dan perkembangan. Terdapat dua buku yang dianalisis dan dipilih berdasarkan kecenderungan penggunaannya di sekolah. Analisis dilakukan dengan membaca, mencermati dan mengklasifikasi relasi antara teks dan gambar dengan merujuk pada tiga kategorisasi, yang terdiri atas: Prose Primary (PP) scheme, Prose Subsumed (PS) sceme, dan Fully Integrates (FI) sceme, serta hasilnya disajikan secara deskriptif. Hasil analisis koherensi berdasarkan kategorisasi yang digunakan untuk menunjukkan kecenderungan yang beragam di antara dua buku dan didiskusikan dalam makalah.
File Makalah: