Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas XI MIPA
Penulis:
Isnaeni Kusumawijayanti
Triatmanto
Asta Puji Utami
Abstrak:
Peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dapat dicapai salah satunya melalui pembelajaran kelompok kecil. Salah satu model pembelajaran kelompok kecil adalah model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Biologi pada kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Bantul akibat diterapkannya model Kooperatif tipe Talking Stick.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bantul pada bulan September-Oktober 2017 di kelas XI MIPA 3 Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 anak memiliki permasalahan kurangnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Pada tiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan belajar peserta didik yang bersumber dari observasi adalah 70,83% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 3,47% menjadi 74,3% pada siklus II dalam kategori aktif. Tindakan dalam penelitian ini dihentikan dan dikatakan berhasil pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keaktifan peserta didik pada kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam pembelajaran biologi mengalami peningkatan melalui model Kooperatif tipe Talking Stick.
File Makalah: