Error message

  • User warning: The following module is missing from the file system: link. For information about how to fix this, see the documentation page. in _drupal_trigger_error_with_delayed_logging() (line 1181 of /data/seminar/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • User warning: The following module is missing from the file system: intercon. For information about how to fix this, see the documentation page. in _drupal_trigger_error_with_delayed_logging() (line 1181 of /data/seminar/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Deprecated function: Unparenthesized `a ? b : c ? d : e` is deprecated. Use either `(a ? b : c) ? d : e` or `a ? b : (c ? d : e)` in include_once() (line 1439 of /data/seminar/public_html/includes/bootstrap.inc).

Penerapan CTL untuk Meningkatkan Hasil belajar Biologi Siswa SMA Pada Konsep Pencemaran Lingkungan

Penulis: 
Mega sirnawati, S.Pd. M.Pd
Abstrak: 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan menerapkan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian inidilaksanakandiSMAN 2 Sampit Kelas X. Dengan jumlah responden 20 orang. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Dengan menerapkan Contextual Teaching and Learning (CTL) tipe Group Investigation (GI). Jenis penelitiannya adalah PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahap,yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, danrefleksi. Keempat tahapan tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalamipeningkatan.Peningkatan tersebutdapatdilihatmelaluisiklusyang telahdilakukan.PadasiklusI rata-rata hasil belajar siswa 45 pada saat pretes dan 75.5 pada saat postes. Sementara pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 47,5pada saat pretes dan 81,5 pada saat postes. Untuk siklus 1 Tabel T Pada Df = 19, T = 0,189 Diperoleh Pvalue <1,279. Keputusan Dengan Α = 0,05, Maka P value < α, . Siklus 2 Df = N - 1 = 20-1 = 19. Pada Tabel T Pada Df = 19, T = 0,405 Diperoleh P value <1,279. Sehingga Ho Ditolak . Kesimpulan yang dapat diambil hasil belajar biologi siswa SMA pada konsep pencemaran lingkungan setelah pembelajaran dengan menerapkan CTL tipe Group Investigation (GI) terbukti bermakna atau signifikan berbeda dibandingkan sebelum pembelajaran dengan menerapkan CTL tipe Group Investigation (GI).
File Makalah: 

It appears your Web browser is not configured to display PDF files. Download adobe Acrobat or click here to download the PDF file.