Error message

  • User warning: The following module is missing from the file system: link. For information about how to fix this, see the documentation page. in _drupal_trigger_error_with_delayed_logging() (line 1181 of /data/seminar/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • User warning: The following module is missing from the file system: intercon. For information about how to fix this, see the documentation page. in _drupal_trigger_error_with_delayed_logging() (line 1181 of /data/seminar/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Deprecated function: Unparenthesized `a ? b : c ? d : e` is deprecated. Use either `(a ? b : c) ? d : e` or `a ? b : (c ? d : e)` in include_once() (line 1439 of /data/seminar/public_html/includes/bootstrap.inc).

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED-PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN UNTUK KELAS X SMA

Penulis: 
Senja Fitriana
Paidi
Abstrak: 
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Blended-Problem Based Learning pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan yang berkualitas berdasarkan penilaian dari dosen ahli dan guru biologi, (2) mengetahui tanggapan peserta didik terhadap proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Blended-Problem Based Learning pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE, namun peneliti hanya melakukan prosedur sampai langkah ketiga yaitu tahap development. Tahap analisis dilakukan dengan observasi di kelas untuk menganalisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik dalam pembelajaran. Tahap desain dilakukan penyusunan kerangka produk dan alat evaluasi produk. Tahap selanjutnya dilakukan pengembangan dan penyuntingan produk. Proses penyuntingan dilakukan oleh 2 dosen ahli. Hasil dari penyuntingan tersebut berupa data kuantitatif dan kualitatif yang selanjutnya digunakan sebagai bahan revisi produk. Produk yang telah direvisi selanjutnya disunting kembali oleh 1 guru biologi untuk mengetahui kualitas produk berdasarkan praktisi di lapangan. Produk tersebut selanjutnya direvisi dan diimplementasikan pada 32 peserta didik untuk mengetahui tanggapan peserta didik pada proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran berbasis Blended-Problem Based Learning pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan yang dihasilkan berkualitas berdasarkan penilaian dari dosen ahli dan guru biologi. Hasil penilaian secara keseluruhan termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan rata-rata nilai RPP adalah 90,63%, LKPD mendapatkan nilai 95,63%, media Power Point sebesar 97,5%, dan LMS sebesar 100%. (2) Tanggapan peserta didik terhadap perangkat pembelajaran berbasis Blended-Problem Based Learning pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan rata-rata nilai LKPD adalah 83,4%, dan LMS sebesar 82,49%.
File Makalah: 

It appears your Web browser is not configured to display PDF files. Download adobe Acrobat or click here to download the PDF file.